Kamis, 09 Januari 2014

ABSTRAK

 “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy”

ABSTRAK

      Muzzamilah Zamil (108013000027),Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Judul Skripsi, Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy.
      Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy.
     Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Subjek penelitian ini, yaitu nilai-nilai pendidikan dalam Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, dan sebagai objek penelitian adalah novel Bumi Cinta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penentuan unit analisis, pencatatan data, dan proses inferensi dan analisis.
   Hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy meliputi: Nilai pendidikan agama Islam dalam bentuk syariah, akhlak, dan aqidah. Nilai syariah meliputi doa; salat; puasa; taubat; pernikahan, dan syahadat. Nilai akhlak meliputi, nilai tolong menolong; sabar; menghormati orang lain; belajar ikhlas; dan beramal saleh. Nilai aqidah meliputi, iman kepada Allah; iman kepada malaikat; iman kepada kitab; dan iman kepada Rasul. Nilai pendidikan budaya meliputi, cinta tanah air; kesopanan; menjalin kekerabatan; religius; toleransi; menghargai prestasi; bersahabat/komunikatif; kerja keras; mandiri. Nilai-nilai pendidikan novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yang telah disebutkan merupakan nilai-nilai mendidik yang disampaikan pengarang, sehingga implikasi novel Bumi Cinta, yaitu dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang sesuai dan mendidik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar